Mulai Belajar Ayo Mulai Belajar Pemrograman PHP

PHP – Cara Menggunakan Fungsi Operator Array

php-iconOperator array digunakan untuk membandingkan array dengan array yang lain, nilai-nilai array dapat digabungkan dengan array lain, atau dibandingkan untuk mendapat nilai kembali berupa false atau true dalam studi kasus operator array ini.

Berikut adalah jenis-jenis operator array yang dapat digunakan :

Operator Array UNION

Operator array Union berfungsi untuk menggabungkan nilai array, penulisan standard nya adalah “$x + $y”, berikut contoh penerapannya :

Penjelasan dari script diatas adalah, variable $x memiliki nilai array sebanyak 2 buah, dan variable $y juga memiliki nilai array sebanyak 2 buah, dengan fungsi ‘+’, kedua variable tersebut digabungkan dan menjadi 4 nilai array.


Operator Array EQUALITY

Fungsi operator array Equality ini berfungsi untuk membandingkan 2 buah variable array, jika sama maka akan mendapatkan nilai kembali (return value) true, jika berbeda maka nilai kembali adalah false (return value). Penulisan standard nya adalah “$x == $y”, berikut penerapannya :

Dari script diatas dapat dilihat variable $x dan $y yang berisi array dapat dibandingan dengan penulisan “$x == $y”, dan contoh diatas bernilai false karena isi array kedua variable tersebut berbeda.


Operator Array IDENTITY

Fungsi operator array IDENTITY hampir sama fungsinya dengan operator array equality, yakni untuk membandingkan 2 buah variable array namun dengan melihat kondisi yang semua dari nilai (value), urutan, dan jenis. Jika sama secara identik maka akan mendapatkan nilai kembali (return value) true, jika berbeda salah satu value atau urutan atau jenisnya maka nilai kembali adalah false (return value). Penulisan standard nya adalah “$x === $y”, berikut penerapannya :


Operator Array INEQUALITY

Fungsi operator array Inquality ini kebalikan dari dari operator array equality, nilai kembali (return value) akan bernilai true, jika variable array yang di bandingkan salah, dan akan bernilai false jika variable array yang dibandingkan bernilai benar. Cara penulisan standardnya adalah “$x != $y” atau dapat juga “$x <> $y”, berikut penerapannya dalam script PHP :

Baca Juga :   PHP - Cara Membuat & Menggunakan Variable

Dari script diatas dapat dilihat variable array $x dan $y memiliki nilai array yang beda, akan tetapi nilai kembali (return value) dari operator diatas adalah true karena menggunakan script “$x != $y”.


Operator Array NON-IDENTITY

Operator array Non-Identity adalah kebalikan dari operator array identity, yakni akan bernilai kembali (return value) true jika variable array yang dibandingkan tidak sama identik dan bernilai kembali (return value) false jika variable array yang dibandingkan , penulisan script standarnya adalah “$x !== $y” dan berikut penerapannya :

Hasil nilai kembali (return value) dari script diatas adalah true, karena dua variable array yang di bandingkan berbeda.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *