Mulai Belajar Ayo Mulai Belajar Pemrograman PHP

PHP – Cara Menggunakan Operator Perbandingan

php-iconOperator perbandingan (Comparison) dalam pemrograman PHP adalah membanding kan dua nilai (angka atau teks) dengan nilai return value berupa true or false, syntax ini digunakan biasanya dalam logical “if else” yang ada dalam sebuah program. Berikut adalah penjelasan operator-operator yang digunakan dalam perbandingan di PHP :Operator Perbandingan Sama Dengan (Equal)

Operator sama dengan di tandai dengan “==”, berikut adalah contoh penulisannya “$x==$y”, jika x sama dengan y maka nilai kembali (return value) akan bernilai¬†true. berikut adalah contoh penerapannya :

Nilai diatas bernilai true, karena nilai yang di bandingkan adalah numerik 100 (variable x) dan text 100 (variable y), pada Equal ini tidak mengecek type variable yang digunakan, yang di cek hanyalah isi dari variable tersebut, jika sama akan bernilai true.


Operator Perbandingan Identik (Identical)

Operator ini ditandai dengan “===”, dan contoh penulisannya adalah “$x===$y”, jika x sama dengan y secara identik, baik nilai maupun tipe data, maka nilai kembali (return value) adalah true. Berikut adalah contoh penerapannya :

Nilai diatas bernilai false, karena nilai yang di bandingkan adalah numerik 100 (variable x) dan text 100 (variable y), pada Identical ini mengecek type variable dan isinya, sehingga walaupun isi sama yakni 100, akan tetapi tipe data kedua variable x dan y berbeda, yakni numeric dan teks.

Baca Juga :   PHP - Mengurutkan Data Array (Sorting Function Arrays)

Operator Perbandingan Tidak Sama Dengan (Not Equal)

Operator ini ditandai dengan “!=” dan “<>”, dan contoh penulisannya adalah “$x!=$y” dan “$x<>$y”, jika x tidak sama dengan y, maka nilai kembali (return value) adalah true. Berikut adalah contoh penerapannya :


Operator Perbandingan Tidak Identik (Not Identical)

Operator ini ditandai dengan penulisan “!==”, dan contoh penulisannya adalah “$x!==$y”, jika x tidak sama dengan y baik nilai maupun tipe data, maka nilai kembali (return value) adalah true. Berikut adalah contoh penerapannya :


Operator Perbandingan Lebih Besar & Lebih Kecil (Greater Than & Less Than)

Operator ini ditandai dengan penulisan “>” dan “<“, dan contoh penulisannya adalah “$x>$y” dan “$x<$y”, jika x lebih besar dari y atau sebaliknya, maka nilai kembali (return value) adalah true. Berikut adalah contoh penerapannya :

Baca Juga :   PHP - Cara Menggunakan Kondisi If Then Else


Operator Perbandingan Lebih Besar Sama Dengan & Lebih Kecil Sama Dengan (Greater Than Equal & Less Than Equal)

Operator ini ditandai dengan penulisan “>” dan “<“, dan contoh penulisannya adalah “$x>$y” dan “$x<$y”, jika x lebih besar dari y atau sebaliknya, maka nilai kembali (return value) adalah true. Berikut adalah contoh penerapannya :

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *