Mulai Belajar Ayo Mulai Belajar Pemrograman PHP

PHP – Cara Menggunakan Syntax Operator Logika

php-iconOperator logika (Logical Operator) adalah syntax program untuk menggabungkan 2 kondisi tertentu yang di inginkan, operator logika adalah operator yang paling banyak digunakan programer didalam sebuah program, termasuk saya. Karena syntax operator logika inilah yang membuat program dapat mengambil keputusan dari sebuah nilai masukkan. Berikut adalah jenis-jenis operator logika yang dapat digunakan di dalam PHP :

Operator And / &&

Standard penulisan Operator And ini adalah “$x and $y” atau dapat juga “$x && $y”. Logika And ini adalah jika statement $x dan statement $y keduanya benar, maka nilai kembali (return value) operator tersebut adalah True. Jika salah satu saja salah antara statement $x atau $y maka nilai kembali¬†(return value) operator tersebut adalah¬†False. Berikut cara penerapan operator and tersebut :


Operator Or / ||

Baca Juga :   PHP - Fungsi Operator Increment dan Decrement

Operator Or ini bedanya dengan operator and diatas adalah jika salah satu statement $x atau $y benar, maka nilai kembali (return value) nya adalah True. Dan jika kedua statement nya $x dan $y salah, maka nilai kembali (return value) nya adalah False. Untuk standard penulisan syntaxnya adalah “$x or $y” atau dapat juga ditulis “$x || $y”, berikut penerapannya :


Operator Xor

Baca Juga :   VB.Net - Cara Menghubungkan Koneksi Dengan MySQL

Operator Xor dan Operator Or memliki kesamaan, yakni jika salah satu statement $x atau $y benar, maka nilai kembali (return value) adalah True. akan tetapi untuk perbedaan antara Operator Xor dan Operator Or adalah untuk Operator Xor jika keduanya benar maka nilai kembali (return value) adalah False, sedangkan untuk Operator Or jika keduanya benar maka nilai kembali (return value) adalah True. Berikut adalah penerapannya :


Operator Not / !==

Operator not akan mengembalikan nilai (return value) bernilai True jika kondisi dalam sebuah statement adalah salah. Penulisan standardnya adalah “!$x”, untuk penerapannya sebagai berikut :

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *