Mulai Belajar Ayo Mulai Belajar Pemrograman PHP

PHP – Cara Menggunakan Variable Global Pada Server

php-iconDalam PHP terdapat beberapa variabel yang sudah di tetapkan sebagai variable “superglobal”, yang mana artinya variable tersebut dapat digunakan setiap saat, kita semua dapat mengakses dari mana saja, dalam sebuah cakupan, function, class, dan file tanpa harus melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Berikut adalah PHP supergolbal yang di maksud :

  • $GLOBALS
  • $_SERVER
  • $_REQUEST
  • $_POST
  • $_GET
  • $_FILES
  • $_ENV
  • $_COOKIE
  • $_SESSION

Berikut akan dijelaskan masing-masing fungsi variable superglobal diatas satu persatu dibawah ini.


PHP $GLOBALS

$GLOBALS adalah sebuah variable superglobal di PHP, yang mana variable tersebut dapat di akses dari script PHP dimana saja (dapat juga didalam sebuah function ataupun methods).

PHP menyimpan semua variable global yang di panggil dari sebuah array dengan format $GLOBAL[indek], nama indek tersebutlah yang menyimpan sebuah nilai dalam sebuah variable.

Contoh dibawah adalah salah satu penggunakan superglobal variable :

Contoh diatas menunjukkan bahwa variable ‘c’ ada di dalam sebuah function yang dapat di akses di luar function.


$_SERVER

$_SERVER adalah sebuah variable superglobal di PHP yang menyimpan informasi tentang server, lokasi, dan lain sebagainya. Contoh dibawah akan menunjukkan bagaimana cara menggunakan variabel superglobal $_SERVER :

Berikut adalah link table referensi yang terdapat pada variable superglobal $_SERVER Table Referensi.

Baca Juga :   PHP - Jenis Tipe Data

$_REQUEST

Variabel superglobal $_REQUEST ini adalah yang bertujuan untuk mendapatkan data setelah memasukkan form HTML sebelumnya, contoh berikut dibawah adalah contoh dimana ada sebuah form untuk mengisikan nama, dengan mengklik “submit” pada form dibawah, maka data akan terkirim ke sebuah attribut file php yang lain, namun untuk contoh dibawah ini adalah menggunakan 1 file (PHP_SELF) :


$_POST

PHP variable $_POST adalah yang paling umum digunakan, fungsinya sama, yakni untuk mendapatkan data setelah pengisian form HTML yang di submit sebelumnya. Berikut adalah contoh penggunaan variable $_POST :

Baca Juga :   PHP - Cara Menggunakan Looping Dengan While dan Do While


$_GET

Variable superglobal $_GET ini digunakan untuk mendapatkan nilai setelah pengisian form HTML yang sudah di submit dengan metode “get”, dan variable $_GET juga dapat mengambil nilai yang terkandung di dalam sebuah URL. berikut adalah contoh penggunaannya :

Asumsikan kita memiliki sebuah form HTML seperti dibawah ini

Ketika user mengklik link “Test $GET”, maka akan ada 2 buah parameter “category” dan “website” yang akan dikirim ke “get.php”, dan kamu dapat mengakses nilai tersebut dalam “get.php” dengan $_GET.

Contoh dibawah ini adalah “get.php” dan cara mendapatkan datanya

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *